Dalam revolui industri 4.0, pekerjaan manusia banyak
digantikan kecanggihan teknologi. Namun tidak untuk profesi guru. Melalui
kebijakan pendidikan nasional, guru harus mampu menerapkan pendidikan karakter
kepada peserta didik, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi.
Ada 3 hal yang harus dicapai dalam rangka optimalisasi
peran guru.
1. Penguasaan substansi
menguasai subtansi yang akan diajarkan kepada siswa dan
ditunjang oleh jenjang pendidikan yang guru tersebut jalani.
2. Peningkatan kompetensi
Selanjutnya adalah meningkatkan kompetensi guru dengan
melakukan pembeharuan di berbagai aspek pendidikan, baik kurikulum, bahan ajar,
maupun metedologi pendidikan.
3. Pendidikan karakter
Terakhir adalah implementasi pendidikan yang berfokus pada
pendidikan karakter. Guru adalah bagian penting dalam pendidikan karakter,
sehingga kompetensi yang dimiliki lebih dari pemberian bahan ajar kepada siswa.
No comments:
Post a Comment